Senin, 15 Oktober 2007

Surat Untuk Temanku

Oleh : M. Saifun salakim

Sobat, apa sih manfaat atau faedah pacaran dalam bangku sekolah itu? Ane mau tanya tetapi bukan ane mau mengujimu, sobat? Karena maklumlah sobat. Sampai saat ini temanmu yang satu ini belum paham dan mengerti yang namanya pacaran. Hati temanmu yang satu ini juga bertanya-tanya tentang manfaat atau faedah yang didapat atau diperoleh kita dari hubungan intim dalam ikat-mengikat dengan si dia atau doi atau doski.
Menurut prakiraan, pendapat, saran, usul, dan filling ane nih. Apabila kita sedang duduk di bangku sekolah adalah suatu hal yang mengganggu dan merepotkan serta mengacaukan aktivitas yang sedang kita geluti atau kita gemari saat ini untuk menuju ke lembah masa depan yang cerah dan cemerlang. Pacaran itu dikatakan sangat mengganggu apabila kita sedang duduk di bangku sekolah. Dikarenakan tiap hari kita memikirkan dia terus siang dan malam, makan tak enak, tidur tak nyenyak, selalu terbayang wajah dirinya di relung hati kita. Sehari saja tak bertemu katanya rasa setahun dan hati kita selalu ingin dekat di hatinya serta kita ingin selalu tetap berada di sampingnya atau di sisinya. Dengan tujuan untuk melepaskan rasa rindumu kepadanya yang sudah menggebu-gebu, tak mampu dibendung lagi.
Apabila sudah bertemu di antara mereka terasalah dunia ini hanya milik mereka berdua saja. Saking perasaan mereka telah terlarut dalam sebuah kebahagiaan. Alam dunia ini mereka semarakkan dengan lagu-lagu cinta yang puitis, meringis, kelimis, dan bau amis yang sedikit dibumbui noda kepalsuan atau rayuan gombal. Itu yang mengganggu aktivitas kita? Sedang asyik belajar dan membaca buku pelajaran, ingat dia sehingga perasaan jadi lemah dan lesu alias tidak bergairah lagi untuk belajar dan membaca buku yang telah ada. Akibatnya, buku yang merupakan segudang ilmu itu kita jadikan bahan pajangan atau barang rongsokan saja. Tidak dipakai lagi. Dibiarkan saja. Itu yang disebut mubazir dan mubazir.
Menurut pendapat dan filling anda mungkin pacaran apabila kita duduk di bangku sekolah itu mengasyikkan, menyenangkan, membahagiakan, dan mengesankan. Disebabkan hal itu membuat hati anda berbunga-bunga, bangga, senang, bahagia, dan sentosa yang tiada taranya. Sehingga asyiknya pacaran itu tidak dapat dilukiskan dengan kata-kata, tidak dapat dikiaskan dengan hasrat jiwa, tak dapat diungkapkan dengan perasaan hati, tak bisa dipantulkan dalam pancaran sinar kasih, tak dapat diunjukkan dengan kemauan hati, pembawaan, dan tak dapat disenandungkan dengan nada atau iramanya. Saking hatinya sudah dilanda kebahagiaan yang memuncak atau makin menaik. Dikarenakan tiap hari selalu bertemu, berjumpa, bahkan bertatap muka dan bertemu pandang dengan si dia.
Jika anda adalah orang yang bisa membagi waktu. Kalau tidak? Bisa berabe juga urusannya. Pekerjaan anda akan terlantarkan, tercampakkan, dan terbengkalai. Karena siang dan malam, kita selau ingin datang ke rumahnya. Katanya kalau tidak bertemu seperti mau gila saja. Karena selalu terbayangkan wajah si doi. Karena bayangan wajah si doi atau si doski selalu menjelma dalam angan-angannya. Gila ya. Orang yang lagi dilanda mabuk kepayang alias cinte ngebet bin gile-gile kera berayun. Itu kalau doski anda orangnya punya perhatian, doski bisa memakluminya. Jika doski anda tida bisa memakluminya maka kita akan malu sendiri. Mau ditaruh dimana muka kita ini untuk menahan rasa malu itu. Sudah deh. Taruh saja mukanya di air langsung mencebur alias berkaca di air dingin, agar jadi sejuk, adem, dan dingin sekali tuh muka. Coba saja kalau kamu mau dan ingin mencoba. Silakan saja. Gratis. Tanpa dipungut bayaran sepeserpun. Kegunaanya untuk menormalkan pikiran seperti sediakala.
Sobat, kalau kamu memang ingin berpacaran waktu di bangku sekolah, ane ada sedikit saran atau usul. Diterima atau tidak, itu terserah kamu yang sedang mengalami problema cinta dalam bercinta. Saran ane adalah kalau kamu ingin cari kekasih atau doski. Carilah kekasih atau doski yang dapat berbagi hasrat jiwa, rasa rindu jadi satu, rasa duka dan senang selalu berdua, perasaan hati yang selalu positif selalu didahulukan atau dipentingkan, dan yang dapat memberikan motivasi untuk kamu yang bersifat menunjang, mendukung, dan mendorong pada kegiatan kamu yang bersifat positif, bukan bersifat negatif. Mendorong kamu agar bersemangat, berenergik, bergairah, bertenaga fit atau prima, penuh pengertian, dan selalu berusaha untuk mengerti akan perasaan hati kamu, dan dapat membedakan antara perbuatan yang jahat dan baik. Selalu berbuat jujur dan bertawakal kepada Allah swt.
Dari itu untuk mendapatkan gadis tipe macam itu. Kita harus menggunakan pemantauan yang dilakukan untuk melihat luar maupun dalamnya dia punya kalbu. Bisa juga dilakukan dengan cara penyelidikan dengan teliti, cermat, hemat, dan tepat. Tapi ane ingatkan sekali lagi awas. Jangan sampai kamu tertipu oleh penampilan semu atau pandangan zohir atau kecantikan yang abstrak.
Itulah faktor yang paling dominan yang menyebabkan kerusakan pada kegiatan penting yang sedang kita kerjakan. Faktor itu dapat juga menipu pandangan dan penelitian ilmiah yang sedang kita lakukan. Untuk itu, ane sarankan sekali lagi. ”Tabahkanlah hatimu wahai sobatku dalam menghadapi cobaan ini.”
Kalau kamu ingin menyelidikinya, memantaunya, dan menguraikannya maka ane menyarankan pakailah kacamata yang sorotannya sangat tajam, tepat, jitu, dan tidak meleset dari titik acuannya atau ilmu tembus pandang batin atau ilmu pandangan sukma atau ilmu menerka sesuatu dari jarak jauh. Terlebih dahulu kita harus belajar sesuatu yang berharga dari diri kita. Karena diri kita merupakan titik toloknya perbuatan yang sedang kita lakukan atau dengan menggunakan rasio yang topger, tepat, dan jitu.
Sampai di sini dulu uraian dari sobatmu. Dari temanmu. Cup... cup... cup... cup... salam sayang dari sobatmu yang kini sedang jauh di matamu tetapi selalu dekat di hatimu.
Ane doakan semoga saja engkau selalu berhasil dalam mencapai cita-cita yang ingin kamu raih atau kamu gapai dalam hidup ini. Tak lupa temanmu juga mendoakan untuk kebahagiaan dan kebaikanmu.
Salam kangen. Salam rindu berat. Salam ingin bertemu. Salam ingin berjumpa denganmu sobat. Percayalah temanmu yang di sana selalu menanti, menunggu, dan mengharapkan kamu kembali. Alasannya adalah untuk melepaskan rasa rindu begitu dalam di longkang persahabatan kita.

~&&&~

0 komentar: