Sabtu, 12 Januari 2008

Kupasan Makna Cinta

Oleh : M. Saifun Salakim

Kupasan makna cinta menurut saya adalah Cinta itu singkatan dari Cerita Indah Namun Tiada Akhirnya. Lebih dalam lagi kupasan singkatan dari cinta akan dijelaskan di bawah ini.
1. Cerita
Di dalam cinta pasti ada sebuah cerita. Dikarenakan, cerita adalah hal yang paling utama. Untuk memulai kisah. Kisah percintaan tak akan habis-habisnya bahkan tak akan berakhir. Dari cinta yang kecil sampai cinta yang besar dan terus mengecil atau terus membesar. Cerita tentang percintaan bisa diawali bahagia tapi diakhiri dengan kebahagian juga. Ada pula cerita percintaan diawali kesedihan tapi diakhiri dengan kebahagiaan, dan ada pula cerita percintaan diawali kebahagiaan tapi diakhiri dengan kesedihan, serta ada pula cerita percintaan diawali kesedihan dan tetap diakhiri kesedihan juga. Inilah yang dimaksud cerita percintaan yang dipaksakan. Inilah yang dinamakan problema cerita dalam bercinta.
2. Indah
Apabila seseorang sudah mengenalnya yang namanya cinta, pasti dia sudah mengetahui dan merasakan sebuah keindahan rupa maupun rasa. Dikarenakan, keindahanlah yang mendorong seseorang untuk mengenal cinta atau sebaliknya karena cintalah seseorang dapat merasakan sebuah keindahan. Mustahil, seseorang tidak merasakan atau menikmati sebuah keindahan, apabila hatinya telah dilamunnya yang namanya cinta. Keindahan datang dengan tiba-tiba sekali. Tidak bisa diraba, hanya bisa dirasa. Keindahan juga pewarna kisah kasih dalam bercinta. Semua dianggap indah bila cinta telah meruak di dada. Untuk itu, kata indah merupakan hal terpenting dalam cinta.
3. Namun
Kata namun bisa diartikan persyaratan dan juga bisa diartikan sebagai pertentangan dua kenyataan. Kita akan menjelaskan kata namun secara satu per satu, yaitu:
A) Namun yang diartikan persyaratan
Di dalam bercinta kita mengenal suatu persyaratan yang merupakan bumbu penyedapnya. Persyaratan digunakan sebagai penguji ketulusan dalam bercinta. Persyaratan yang kita maksud di sini adalah yang lebih dikenal dengan istilah pengorbanan. Dikarenakan, pengorbanan merupakan aset terbesar dalam bumbu penyedap dalam penerus kelanjutan cinta. Tambah adanya pengorbanan itu cinta tidak akan terasa menarik dan menantang untuk didapatkan.
b) Namunyang diartikan pertentangan dua kenyataan
Di dalam bercinta, pasti ada yang ditentangkan, seperti keyakinan, iktikad dan lain-lain. Di dalam hal ini, pertentangan akan selalu terjadi dengan tiba-tiba, dikarenakan dalam hidup ini ada dua hal yang selalu bertentangan, yaitu: jahat dan baik, buruk dan baik. Di dalam bercinta, yang dipertentangkan itu ada hal yang wajar sekali. Dan juga, hal yang dipertentangkan di dalam cinta dapat dijadikan pertimbangan untuk mengukur kelansungan cinta, agar dapat menjadi yang lebih kokoh atau kuat seperti baja. Yang tak akan pernah rapuh atau retas ditelan masa.
4. Tiada
Di dalam percintaan juga mengenal kata tiada, yang diartikan tanpa; tidak ada; dan memiliki banyak padanannya dengan kata-kata yang lain , seperti tiada cinta, hidup tiada berarti atau berguna. Inilah salah satu hal yang membuktikan tanpa hadirnya cinta berupa kenangan cinta, kesan cinta, kemurnian cinta maka kehidupan ini serasa mati dan tak berarti serta tak berguna sama sekali.
Layaknya seorang pengemis yang terus menerus kelaparan atau seorang pengangguran yang belum mendapatkan pegkerjaan. Yang kerjanya tiap hari hanya menghitung hari dan menghayal. Selalu jauh ke angkasa sana, yang selalu maya, belum menjadi nyata. Begitulah kehidupan kita ini kalau tanpa adanya cinta, juga terasa seakan mati, gersang, dan tandus serta tak bisa ditanami oleh bunga yang indah-indah beraneka ragam jenisnya. Hal ini sesuai dengan kalimat yang berbunyi begini : tiada cinta hidup ini tiada berguna.
Kata tiada juga bisa diartikan dengan hilang. Hal ini sesuai dengan kalimat yang diutarakan ini: tiada hati tanpa adanya cinta. Tiada cinta hampalah hidup ini.
5. Akhirnya
Di dalam percintaan juga mengenal kata yang dinamakan akhirnya. Yang tida bisa diartikan sepintas lalu. Karena kalau diartikan sepintas lalu akan berakibat fatal sekali, dapat merancukan dari tujuan yang ingin dicapai.
Kata akhirnya diartikan hasil dari percintaan dua insan yang berlainan jenis, tetapi arti akhirnya tidak berarti selama-lamanya. Karena tidak sesuai dengan keadaan.
Di dalam cinta pasti ada hasil yang ingin didapat dari percintaan dua insan tersebut yang dinamakan akhirnya. Contohnya: akhirnya cintaku yang kupendam selama kini telah menjadi sebuah kenyataan.
Kata akhirnya dalam contoh di atas bisa diartikan sebagai hal yang paling terakhir. Maksudnya bahwa keterpaduan aku dengan cinta akan juga ada akhirnya, seperti bahagia, sedih, dan sengsara di atas pelaminan, di ujung derita, dan lain sebagainya. Itulah penjelasan kata akhirnya dari kupasan makna cinta ini.
(Ide ini ditulis, 23 Juni 1997)

0 komentar: