Jumat, 27 Juni 2008

Pontianak, Kamis, 3 Januari 2008

Pagar mentimun di Pulau Keramba.
Dimana letak pulau itu tidak ada yang tahu. Kalau Pagar Mentimun, aku tahu. Daerah Pagar Mentimun terdapat di Kabupaten Ketapang. Letaknya yang tepat adalah di antara Pesaguan dan Kendawangan. Pagar Mentimun merupakan salah satu objek wisata pantai terkenal di Kabupaten Ketapang.
Selain nama Pagar Mentimun.
Aku juga mengetahui sebuah pulau yang tak pernah dijamah orang. Pulau itu adalah Pulau Gelanggang. Pulau Gelanggang bukanlah termasuk pulau yang dijadikan objek wisata laut.
Pulau Gelanggang ini kuangkat karena keunikan namanya dan kemenarikannya.
Jika sekiranya ada orang-orang yang memiliki jiwa bisnis dan mau mengelola pulau itu. Tidak menutup kemungkinan akan mendatangkan keuntungan yang besar dengan menjadikan pulau itu sebagai objek wisata yang digemari banyak pelancong atau turis untuk menikmati keindahan pulau itu.
Pulau Gelanggang merupakan suatu pulau di tengah Sungai Kapuas yang terdapat dekat Batam-nya Pontianak. Pulau Gelanggang menurut cerita orang tua adalah tempat orang-orang yang mempunyai ilmu kesaktian yang diadu lanun dalam suatu pertarungan untuk menentukan siapa yang terkuat dan terhebat. Bahkan pertarungan itu harus berakhir dengan sebuah kematian.
Orang yang menjadi pemenang dalam pertarungan itu akan diambil lanun menjadi teman seperjuangannya dalam merompak kapal-kapal yang melintasi perairan yang menjadi daerah kekuasaannya.
Sampai sekarang pulau itu masih ada. Tetapi pulau itu tidak ada penghuninya. Di pulau itu juga masih tersisa tengkorak-tengkorak manusia yang mati dalam pertarungan. Pulau itu adalah sebuah pulau yang terlupakan. Pulau itu merupakan sebuah bukti sejarah bahwa Batam Pontianak memiliki tempat lanun bercokol.
Kalau penasaran ingin tahu pulau itu datang saja ke sana.
~&&&~

0 komentar: