Rabu, 27 Mei 2009

Bunga Bangkai di Puncak Riam Kek Kondang


Bunga ini sangat jarang dan tergolong langka. Bunga ini selalu mengeluarkan bau tak sedap atau menyengat hidup. Orang menyebutnya bunga bangkai. Dalam bahasa latinnya bunga bangkai disebut Rafflesia Arnoldi. Mengapa disebut Rafflesia Arnoldi? Karena pertama kali yang menemukan bunga bangkai tersebut adalah seorang yang bernama Sir Thomas Stamford Raffles. Awalnya bunga bangkai yang ditemukan Raffles tak berpunya nama. Untuk itu, agar dapat diingat orang untuk selama-lamanya bunga bangkai yang ditemukannya itu diberinya nama Rafflesia Arnoldi. Yang penamaan bunga tersebut mengambil nama belakangnya.
Bunga bangkai biasanya hidup di daerah Bengkulu, dan belahan daerah Indonesia Timur lainnya yang memang cocok untuk pertumbuhan bunga tersebut. Jarang ditemukan bunga bangkai tersebut di daerah yang berada di belahan Barat Indonesia. Tapi ini, suatu keajaiban bahwa bunga bangkai tersebut dapat ditemukan di Daerah Kalimantan Barat. Tepatnya ditemukan bunga bangkai tersebut adalah di daerah Kayu Bunga menuju jalan menuju ke Puncak Riam Kek Kondang. Daerah Kayu Bunga yang masuk kawasan Kecamatan Simpang Hulu, Kabupaten Ketapang, dan Provinsi Kalimantan Barat.
Orang yang menemukan bunga bangkai tersebut adalah seregu petualangan yang dipimpin Saifun AK. Penemuan bunga bangka itu secara tak sengaja. Saat regu petualangan yang dipimpin Saifun AK akan menuju Puncak Riam Kek Kondang untuk menemukan Bendungan Air Bersih. Tapi, ternyata di perjalanan mereka menemukan Bunga Bangkai tersebut.
Bunga bangkai yang mereka temukan itu tumbuh di dekat pondok seorang penduduk daerah Kayu Bunga di Puncak Riam Kek Kondang. Bunga bangkai yang mereka temukan di daerah Kayu Bunga di Puncak Riam Kek Kondang itu masih menguncup, tak memekar. Bunga bangkai yang ditemukan itu memiliki susunan kelopak bunganya yang menguncup dan hanya pokok bunganya yang menyembul keluar. Pokok bunga bangkai yang menyembul keluar itu berbentuk tombak telanjang. Walaupun bunga bangkai itu mengeluarkan bau tak sedap tapi bunga bangkai itu sungguh sedap untuk dipandang mata. *

1 komentar:

Taneak Jang Tanah Rejang Rejang Land mengatakan...

Dear admin.
Pak itu bukan rafflesia arnoldi. Itu memang benar sejenis bunga bangkai, melihat sepintas itu bunga namanya
Amorphophallus hewittii, jelas sangat berbeda dengan amorphophalus titanum yang tumbuh di sumatra.

Demikian informasinya